Never End

Selasa, 26 Maret 2013

PERKEMBANGAN PORTAL




PERKEMBANGAN PORTAL
  

Personal Portal atau portal pribadi adalah situs di World Wide Web yang biasanya menyediakan kemampuan pribadi kepada pengunjung, menyediakan jalur untuk konten lainnya. Hal ini dirancang untuk menggunakan aplikasi terdistribusi, nomor yang berbeda untuk memberikan layanan dari sejumlah sumber yang berbeda. Selain itu, portal bisnis dirancang untuk berbagi dan kolaborasi di tempat kerja. Portal dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau telepon genggam.

Terlepas dari fitur mesin pencari standar, portal web menawarkan layanan lainnya seperti e-mail, berita, harga saham, informasi, database dan hiburan. Portal menyediakan cara bagi perusahaan untuk memberikan tampilan yang konsisten merasa dengan akses kontrol dan prosedur untuk beberapa aplikasi dan database. Contoh portal web publik AOL, Excite, iGoogle, MSN, Naver, Indiatimes, Rediff, Sify dan Yahoo!.
Portal Web mulai populer di akhir 1990. Setelah perkembangan web browser pada pertengahan 1990, banyak perusahaan mencoba membangun portal untuk mendapatkan perolehan pasar mereka melalui Internet. Portal web mendapat perhatian khusus karena bagi banyak pengguna, portal web merupakan halaman awal yang dibuka oleh perambah web mereka. Netscape Netcenter telah menjadi bagian dari America Online, Walt Disney meluncurkan Go.com, dan Excite telah menjadi bagian dari AT&T di akhir 1990-an. Banyak portal yang mengawali keberadaan mereka baik sebagai penyedia direktori Internet maupun fasilitas mesin pencari (Excite, Lycos, AltaVista, infoseek, dan Hotbot adalah beberapa layanan tertua).
Portal web kadang-kadang diklasifikasikan sebagai horisontal atau vertikal. Sebuah portal horisontal digunakan sebagai platform untuk beberapa perusahaan di sektor ekonomi yang sama atau dengan jenis yang sama dari produsen atau distributor. Sebuah portal vertikal (juga dikenal sebagai "vortal") adalah titik masuk khusus untuk pasar tertentu atau industri, area subyek. Beberapa portal vertikal dikenal sebagai "vertical information portals" (VIP). VIP menyediakan berita, konten editorial, publikasi digital, dan e-commerce kemampuan. Berbeda dengan portal vertikal tradisional, VIP juga menyediakan aplikasi multimedia yang dinamis termasuk jejaring sosial, video posting, dan blogging.
Ekspansi cakupan layanan dilakukan sebagai strategi untuk mengamankan basis pengguna dan memperpanjang masa kunjungan pengguna pada suatu portal. Layanan yang membutuhkan pendaftaran seperti email gratis, fitur tertentu, dan chatroom dianggap mampu mendorong kunjungan yang berulang pada suatu portal. Game, chat, email, berita, dan layanan lain juga bertujuan agar pengunjung tinggal lebih lama, di mana hal tersebut akan menambah penghasilan iklan. Sejalan dengan perkembangan dan kesuksesan Portal Web internasional seperti Yahoo!, portal daerah juga bermunculan. Beberapa portal daerah memiliki kandungan lokal seperti ramalan cuaca, peta jalan dan informasi bisnis lokal.
Pada akhir di tahun 1990-an, banyak pemerintah sudah berkomitmen membuat situs portal bagi warga negara mereka. Ini termasuk portal utama bagi pemerintah serta portal dikembangkan untuk khalayak yang spesifik. Contoh portal web pemerintah meliputi:
1.      Saudi.gov.sa for Saudi Arabia
2.      Australia.gov.au for Australia.
3.      Newzealand.govt.nz for New Zealand.
4.      USA.gov for the United States (in English) & GobiernoUSA.gov (in Spanish).
5.      Disability.gov for citizens with disabilities in the United States.
6.      mgov.uk for citizens & businesslink.gov.uk for businesses in the United Kingdom.
7.      india.gov.in for India.
8.      Europa (web portal) links to all EU agencies and institutions in addition to press releases and audiovisual content from press conferences.
9.      Health-EU portal gathers all relevant health topics from across Europe.
10.  National Resource Directory links to resources for United States Service Members, Veterans and their families (NRD.gov).

Salah satu perusahaan yang paling sukses saat ini adalah NICUSA yang mengelola 18 portal negara bagian. NICUSA memfokuskan pada model pendanaan mandiri dan tidak memungut biaya kepada Negara atas pengelolaan, melainkan lebih ditopang dari pembayaran aplikasi yang dijual oleh perusahaan tersebut. Di awal tahun 2000an, terjadi pergeseran fokus yang tadinya mengarah pada industri portal web menjadi mengarah pada portal intranet korporasi atau "web perusahaan". Ketika mengharapkan jutaan pengguna yang tidak berafiliasi untuk kembali pada suatu portal web publik telah memberikan kesuksesan finansial yang bernilai sedang, penggunaan portal web privat untuk menyatukan komunikasi web dan pemikiran dalam suatu perusahaan besar mulai dilihat oleh kebanyakan orang sebagai teknologi yang mampu menghemat biaya dan tenaga kerja.
Banyak badan analisis telah memprediksi bahwa pembelanjaan perusahaan untuk portal web intranet akan menjadi salah satu dari 5 bidang yang memiliki prospek pertumbuhan paling pesat pada sektor teknologi internet dalam dekade pertama abad ke-21. Ketika disebut sebagai Portal Komunitas, sebuah situs-web biasanya sengaja didesain dan dibangun berdasarkan pertimbangan pada selera (kolektif) suatu komunitas. Oleh sebab itu fasilitas-fasilitas yang disediakan pada Portal Komunitas cenderung berupaya memenuhi kebutuhan komunitas tersebut.


Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar