Never End

Kamis, 11 Oktober 2012

Konsep Dasar New Media

KONSEP DASAR NEW MEDIA


Apa itu new media? Apa manfaat dan kekurangannya? Apa komponennya? dan Apa contoh aplikasinya? Pada kali ini saya akan menjelaskan sejenak tentang konsep dasar new media. Saya mengambil semua materi ini berdasarkan internet. 

1. Defininisi New Media

            Istilah media berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari medium. Secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Pengertian umumnya adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi.  New media juga merupakan sebuah terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung ke dalam jaringan. Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet, program televisi, majalah, film, buku, surat kabar dan jenis media cetak yang lain.


2. Pandangan New Media           
                              
            Menurut saya sendiri, new media sangat bagus untuk kita. Karena kita dapat bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya dengan mudah. Tetapi pada saat ini, banyak manusia yang menggunakan new media dengan negatif. Contohnya dengan membuka situs-situs porno. Jadi sebaiknya perkembangan new media digunakan dengan positif.


3. Manfaat  dan Kekurangan New Media

            Manfaat New Media banyak sekali dan setiap orang bisa menggunakannya, tentu dengan sifat yang positif. Berikut manfaat dalam beberapa bidang:

A. Bidang Pendidikan

            Pelajar pada saat ini sudah mulai kecanduan dengan membuka akses internet untuk mencari sebuah artikel atau berbagai pengetahuan. Lalu untuk mahasiswa, saat ini mereka lebih memilih menggunakan eBook. Mahasiswa saat ini lebih memilih membawa sedikit buku, jd eBook sangat berguna untuk mereka dan melalui segi harga, eBook pun lebih ekonomis.

B. Bidang Pekerjaan

            Dulu saat seseorang mencari pekerjaan, mereka akan pergi ke kantor-kantor atau mencari lowongan pekerjaan melalui koran. Saat ini kita bisa hanya dengan membuka instansi suatu perusahaan dan melihat jika perusahaan itu mempunyai lowongan atau tidak. Jika iya, kita juga bisa langsung meng-apply lwmbar lowongan pekerjaan kita. Itung-itung irit biaya.

C. Bidang Jual-Beli

            Dalam hal ini kita bisa melihat sebuah website yang akhir-akhir ini terkenal dengan sebutan “tokobagus.com” kita hanya membuka web tersebut dan membuat kesepakatan untuk membeli. Setelah itu kita bisa membayarnya melalui atm. Kesimpulannya, membuat semuanya lebih irit waktu.

D. Bidang Pertemanan

            Saat ini leih banyak manusia yang mengirimkan kabar dan salam melalui jejaring internet. Da beberapa situs web yang menyediakan itu seperti, Twitter, Facebook, MySpace, YahooMessenger, GoogleTalk, Skype dan lain-lain

Berikut ini kekurangan New media dalam berbagai bidang:

A. Bidang Pendidikan

           Karena banyak yang memilih mencari berita melalui internet atau mempunyai buku dalam bentuk eBook, disini yang paling dirugikan yaitu penerbit buku. 

B. Bidang Pekerjaan
           
           Karena banyak yang meng-apply surat lamaran pekerjaan melalui internet, terkadang ada seseorang yang sering disebut "hacker" menyalah gunakan informasi dari seorang pelamar

C. Bidang Jual-Beli

          Dalam bidang ini, penjual bisa saja berbuat jahat dengan cara menipu

D. Bidang Pertemanan

         Di bidang ini, kita menjadi jarang berinteraksi sosial secara langsung

Dan sebaiknya New Media ini digunakan oleh orang-orang yang mempunyai pikiran positif sehingga tidak disalah gunakan. 


4. Komponen New Media

1.      Internet & Web
2.       Personal Komputer (PC) / Notebook
3.       DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
4.       VCDs (Compact Discs)
5.       Portable Media Player
6.       Mobile Phone.
7.       Video Game/ Game Computer.
8.       Virtual Reality.


5. Aplikasi New Media

a. Google+
Google+ atau Google Plus adalah jejaring yang dioperasikan oleh Google inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba. Di hari tersebut, pengguna Google+ diijinkan untuk mengundang teman diatas 18 tahun, untuk membuat akun. Namun, ini segera dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membeludak. 

b. Facebook

Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. 

C. Twitter

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Dibentuk tahun 2006 oleh Jack Dorsey. Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").


Nama : Rizki Nur Anggraini
Kelas : 2IA09
NPM   : 56411350


suntingan diatas diambil dari berbagai web:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar